Makan Nasi Lebih Sehat dengan SEKAI Rice Cooker Low Sugar

Gambar
Saya terakhir ketemu Budhe saya nun jauh di Jogja itu akhir tahun kemarin. Saat itu, Budhe saya yang saya ingat sangat lincah, cerewet, bugar justru tampak kurus, kuyu, lebih lesu, dan lebih banyak duduk. Saya baru tahu kalau Budhe mengidap diabetes. Entah sudah berapa lama, karena Budhe bilang kalau kakinya mulai sering kesemutan, kebas, dan kalau luka lama sekali sembuhnya. Kabar terbaru dari Ibu saya, salah satu kaki Budhe sudah dibebat perban dan mulai menghitam.   Mungkin saja, diabetes yang diderita Budhe saya itu disebabkan oleh gaya hidup. Minum teh harus manis, cemilan manis selalu ada, olahraga seminggu sekali, dan HARUS makan nasi. Kalau sehari sudah makan berat 3 kali tapi belum makan nasi, ya dianggap belum makan. Jadi tetap akan tambah lagi makan nasi lengkap dengan lauk pauknya. Itu yang saya ingat waktu liburan lama di sana. Sekarang Budhe sudah menjalani pengobatan, mengatur pola makan, dan menjalankan pola hidup yang lebih sehat.   Apa itu Diabetes? Diabetes atau lebi

Jadi Ibu, Karyawati, Beranak Satu Challenge: Kalau Gak Disuruh Nambah Anak ya Disuruh Berhenti Kerja



Heleh, anak baru satu ngeluh capek melulu.

Kasih adek dong tu anaknya, kasihan kesepian.

Anaknya kok baru satu? 

Makanya ga usah kerja, mending di rumah aja, jaga anak, gak bakalan ngeluh capek kayak gini.

Jadi ibu kok malah kerja. Punya anak tapi dititipin. Ke orang asing lagi. Gak kasihan sama anaknya? Gaji suaminya kurang?

Jadi ibu kok sambat melulu sih? Jadi ibu itu gak boleh capek. Gak boleh sakit!

Banyak wanita pengen jadi ibu, kamu uda jadi ibu harus bersyukur dong! Bukannya malah ngeluh. Gak pantes!

Jaga badan dong! Dandan. Nanti suaminya lari cari wanita lain loh.

 

Pertama-tama saya mau menghela nafas panjang.

HUUUUUUUUUUUHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHH…

 


Saya tuh pengen curhat, tapi jujur saja saya gak tahu mau curhat ke siapa. Saya pengen berkeluh kesah. Saya pengen bilang kalo

Saya capek.

Saya lelah.

Saya ngantuk.

Saya gak bisa tidur.

Saya butuh bergelas-gelas kopi.

Saya butuh tidur yang nyenyak.

 


Bener ya, ternyata punya anak itu melelahkan. Dulu saya pikir meme-meme tentang ibu yang punya mata panda, bentukannya gak terurus, repot banget sampai mandi aja kayak balapan tu sesuatu yang berlebihan. Saya kira kehidupan saya setelah menjadi ibu akan selalu bahagia, jauh dari stress, indah banget kayak di tipi-tipi. Ternyata setelah akhirnya mengalami, hah, rasanya pengen noyor kepala sendiri.

Padahal anak saya tu baru satu. Satu, belum ada 3 tahun umurnya. Tapi saya merasa energi saya hampir terkuras semuanya. Kebetulan saya dan suami kerja, kami gak punya ART, tapi memang anak dititipkan ke daycare kalau pas kami kerja. Jadi ketika pulang ke rumah ya kami ‘cuma’ bertiga.

Karena anak saya yang sudah beranjak remaja dan baru satu, banyak orang bilang saya harus kasih adik buat anak saya. Katanya kasihan, dia kesepian. Katanya biar rumahnya ramai. Katanya biar sekalian capek. Mereka bilang, “Dulu saya juga gitu. Saya kerja, anak saya ada 3, jarak anak-anak saya dekat-dekat. Ya sekalian capek. Ya kurang tidur. Tapi saya seneng-seneng aja.”

 


Yeah, right.

 

Sebenarnya kalau ada yang bilang gitu, pengen saya jawab, “Yang seneng-seneng aja kan Anda, saya belum tentu bisa tetap seneng-seneng aja kayak Anda. Dan kebetulan saya sih masih concern sama kesehatan jiwa saya, jadi entar dulu kasih adiknya.” Pengen banget saya bilang gitu.

Atau langsung begini aja sekalian
 

Tapi gak jadi. Karena biasanya yang ngomong gitu orang yang lebih tua. Jadi mending tak mingkem saja. 

Mereka gak tahu, anak saya yang katanya ‘harus dikasih adik biar gak kesepian ini’ sedang butuh banyak perhatian. Energinya sedang banyak-banyaknya. Tingkahnya sedang banyak-banyaknya. Dan jujur saja, untuk meladeni kehendaknya itu cukup menguras tenaga saya, fisik dan mental. Tanpa harus menunggu ‘adiknya’, sejujurnya saya sudah sekalian capek.

 

“Tapi kan kalau anakmu tidur kamu bisa ikut tidur”.

Mohon maaf ni ya, kalau saya ikut tidur pas anak saya tidur, apa mainannya bakal balik sendiri ke tempatnya? Apa piring-piring kotor bakal mencuci dirinya sendiri? Apa lantai rumah bakal tiba-tiba bersih bebas debu dan kesat sendiri? Apa makanan kami akan memasak dirinya sendiri? Enggak kan? 

Isah-isah is my life
 

Saya ya mau cuek aja gitu. Piring kotor numpuk biarin. Lantai kotor biarin. Mainannya berantakan biarin. Gak usah masak, jajan aja. Tapi saya gak bisa kayak gitu terus. Tekor coy! Walaupun hasil akhirnya ga bersih-bersih amat, saya dan suami pada akhirnya tetap berusaha menata dan membersihkan isi rumah. Entar gak dibersihin, gak dirapiin, dibilang kayak kapal pecah. Salah lagi! Ah elah.

 

“Kan orang tuamu dekat, bisa kalik minta tolong.”

Betul. Betul sekali. Rumah orang tua saya sekarang hanya berjarak 2 rumah dari rumah saya. Ngesot we tekan, kasarane. Rumah mertua juga gak jauh. Naik otopet bentar ya nyandak. Tapi, kebetulan si jagoan ini anak saya, anak kami. Saya dan suami bisa sesekali menitipkan anak ke orang tua. Tapi masak saya tega? Ini waktunya orang tua bersantai. Menikmati hari tua, nonton tivi, berkebun, bukan lari sana lari sini mengimbangi tingkah anak umur 3 tahun. Sehari atau dua hari bolehlah. Tapi ya gak setiap hari dong.

 

“Tapi kan orangtuamu senang dititipi cucu begitu.”

Ya senang, Maliiiiiiih. Masak gak senang? Wong cucu sendiri kok. Tapi bukan berarti manfaatin kebahagian mereka buat baby sitting kaaaaan…?

 

"Lagian kamu ngapain kerja sih? Suamimu kan udah kerja. Duitnya kurang apa?"

Pertanyaan begini udah sering banget saya dapatkan. Seolah-olah saya kerja hanya untuk cari duit saja. Ya memang saya cari duit. Tapi gak hanya cari duit. Saya kerja juga untuk memberdayakan diri saya. Saya gak bilang ibu rumah tangga itu gak berdaya ya. Ini kan pilihan. Ini pilihan saya. Suami saya juga gak keberatan. Seneng malah. Jadi ya saya bekerja. 

Apa kami, ibu-ibu yang juga karyawati ini, gak boleh mengejar cita-cita kami? Apa kami gak boleh menjadi seorang ahli di bidang keilmuan kami? Apa kami gak boleh menerapkan hasil sekolah kami? Kami gak boleh jadi 'manusia'?

Lagian kenapa sih wanita selalu disuruh memilih? Kami gak boleh nyari nafkah? Kami hanya boleh di rumah? Kami gak boleh bersaing dengan laki-laki di dunia kerja? Why? Kenapa kami gak boleh mengerjakan keduanya; menjadi ibu dan juga profesional?

Lagian ya, kakak-kakak sekalian, saya pribadi tuh cari duit gak hanya buat beli popok dan susu anak, tapi juga buat beli sosmetik, you know. 


“Kalo capek kerja, ya udah, berhenti kerja, jadi Ibu Rumah Tangga aja. Gak capek.”

 

Memangnya jadi ibu rumah tangga yang ‘cuma’ di rumah itu gak capek apa? Memangnya jadi IRT tu kerjaannya cuma gegoleran sambil drakoran apa gimana? Kok bisa nganggep IRT itu bukan sesuatu yang butuh tenaga ekstra dalam pelaksanaannya. Heran.

 

“Tapi kan kasihan anakmu sendirian aja. Coba kalau punya adek, pasti dia senang, gak egois juga."

Sering terucap karena anak saya baru satu. Lah, saya, suami saya, Opungnya, Embah-embahnya, sepupunya itu siapa? Bukan orang? Ga bisa dianggap temannya juga karena gak sepantaran?

Dan entah dari mana teori kalau punya saudara itu akan membuat seorang anak menjadi lebih tidak egois? Ini anak masih balita. Saat ini yang dia tahu semua mua adalah miliknya. Tinggal saya dan suami sebagai orang tua yang harus gigih dan konsisten memberikan pengertian bahwa ada hal yang memang bukan miliknya. 

 

“Punya anak tuh minimal 3. Gak usah takut nambah anak. Orang zaman dulu anaknya banyak, gak takut kelaparan. Rezeki anak tu pasti ada. Tuhan pasti cukupkan.” 

 

Kebetulan saya bukan Nia Ramadhani. 

*mari ngono sik ngomong koyo ngono ora ngrasakke dadi wong tuo sisan

IMHO, saya setuju jangan takut punya anak, walaupun itu kembali ke keputusan bersama pasangan. Ada juga kan yang menikah tapi memutuskan tidak punya anak? Ada yang pengen banget dan harus banget punya keturunan, tapi bukan berarti  jadi gak direncanakan. Punya anak itu bukan iseng-iseng berhadiah, Ges. Justru karena mau punya anak semua-muanya harus direncanakan dengan baik. Orang tua harus bisa mencukupi gizi anaknya, merencanakan pendidikannya, menyepakati pola asuhnya.

Bayi itu memang lucu. Tapi cuma modal gemes sama anak kecil gak bakal bikin you bisa mencukupi nutrisi bayi. Modal bisa gendong bayi gak bikin you bisa menjamin masa depannya. Jadi orang tua itu tanggung jawabnya seumur hidup. Maka, baca ni ya.... belajarnya juga seumur hidup.


SEUMUR HIDUP!!!!!!


Orang zaman dulu anaknya banyak, buat apa? Buat bantu kerja orang tuanya, lah. Sekolah semua gak? Belum tentu.

Rezeki anak pasti ada. Sepakat! Tapi kan gak tumpah dari langit, Bambang! Tetap harus dicari!

Tuhan pasti cukupkan. Betul. Tapi please lah, Tuhan juga ga mau ngasih kalau kitanya gak usaha. Bunda Teresa aja bilang Berdoa dan Bekerja. Bukan doa doang.

 

“Ya memang begitu jadi orangtua. Jangan ngeluh. Banyak yang pengen jadi orang tua tapi belum dikasi keturunan. Kamu harusnya bersyukur.”

I mean it
 

Kadang-kadang saya benci kalau saya disuruh bersyukur hanya karena sudah punya anak. Seolah-olah saya ini manusia gak tahu terima kasih. Seolah-olah dengan punya anak saya hanya boleh bersyukur saja, ga boleh sambat.

Saya hampir saban hari sambat alias mengeluh apa melulu artinya saya ini gak bersyukur? Saya dan suami bahagia dikasih kepercayaan sama Yang di Atas untuk merawat makhluk hidup mungil ini. Tapi kembali lagi, saya ini manusia biasa. Saya punya batas. Kadang saya capek dan marah. Kadang saya merindukan kebebasan seperti waktu saya masih gadis, bebas mau mancal ke sana kemari tanpa mikir.

Tapi apakah itu artinya saya menyesal dengan kehidupan saya sekarang? Dengan anak yang dititipkan ke kami? Ya enggaklah. Segala keluhan dan sambatan itu hanyalah bentuk kemanusiaan saya yang hakiki. Sekedar melegakan beban yang menumpuk di pundak. Kadang saya peluk anak saya lalu saya minta maaf sama dia. Minta maaf karena saya kesal diintilin ke mana-mana sama dia. Padahal saat ini, mungkin hanya kami sumber rasa nyamannya.

Orang-orang gak tahu berapa banyak air mata saya yang tumpah di malam hari, sedih karena terpaksa menitipkan anak saya di daycare, menyesal karena sudah marah-marah sama si kecil, bingung ke mana lagi cari duit tambahan, berdoa supaya saya, suami, dan terutama anak jangan sampai sakit, bingung dengan kondisi seperti ini apakah saya resign saja dan full di rumah sama anak atau tidak, capek dengan pekerjaan tapi saya butuh, capek tapi gak bisa tidur padahal paginya masih harus masuk kerja, marah karena dianggap egois gara-gara saya memilih berkarir. Orang-orang gak tahu itu.


Yang mereka tahu dan lihat, saya kerja, suami kerja, punya gaji, anak dititipkan dari pagi, weekend bisa beli es krim mekdi. Mereka gak tahu dan gak lihat saya begadang hampir setiap hari dan tetap harus berusaha prima setiap hari pula. Mereka gak tahu gimana saya dan suami harus pintar-pintar mengalokasikan gaji dan bertahan sampai gajian berikutnya.

Saya gak minta dimengerti banget-banget sampai gimana lah, cukup gak usah ngurusin hidup saya. Gak usah nyuruh-nyuruh saya hamil lagi, atau ngusulin supaya saya berhenti kerja, kecuali mbok kasih modal, “Nyoh 2 M buat biaya periksa kehamilan, melahirkan, sama sekolah anakmu sampai S2!” atau, “Nanti kalau kamu uda melahirkan, tak rewang sampai anakmu masuk SD, gak usah bayar wis.” Gitu, mau?

 

Saya dan suami mau kok seandainya dikasih kepercayaan anak lagi. Tapi kalau saya boleh memilih waktu, saya minta jangan sekarang. Nanti. Saya gak peduli mau dibilang sekalian capek. NO!!!!! Sekarang saya sedang dan sudah capek. Saya dan suami butuh ambegan dulu, dari segi fisik, mental, finansial. Yang terakhir adalah alasan saya dan suami sepakat untuk sama-sama bekerja. Sekarang segala sesuatu butuh duit, mamen.

Saya dan suami gak mau punya anak hanya untuk memuaskan omongan orang. Kami juga gak mau punya anak lagi tapi gak punya perencanaan ke depan. Anak memang punya rezekinya masing-masing. Bisa dengan memudahkan pekerjaan kami, orang tuanya, atau malah membukakan peluang yang lebih baik untuk kami. Yang artinya kami gak diam-diam tongkol terus rezeki itu diantarkan begitu saja. Tetap butuh usaha dan ikhtiar.

Dan tolonglah, mending urus aja hidup kelen sendiri. Saya dan suami akan mengurus hidup kami sendiri. Ada batas-batas yang gak boleh kita lewati. Sedekat apapun pertemanan dan tali persaudaraannya.

 

Ngono.

PAHAM?



*yang kayak gini perlu banget jadi materi kursus pra-nikah.

 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Lagu Untuk Sakramen Perkawinan

Makan Nasi Lebih Sehat dengan SEKAI Rice Cooker Low Sugar

Oom Alfa; dan Pria Galau di Belakangnya